Senin, 04 Januari 2016

Artikel Penyebab Terjadinya Serangan Jantung Yang Perlu Diwaspadai




POKERSAKTI.com - Inilah Penyebab Terjadinya Serangan Jantung Yang Perlu Diwaspadai. Jantung merupakan salah satu organ yang terdapat pada tubuh dan merupakan organ yang sangat penting, dimana keberadaannya berfungsi sebagai pemompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan oksigen dan sari-sari makanan yang penting sebagai sumber metabolisme. Untuk itu kesehatan jantung merupakan masalah serius yang perlu diperhatikan, jangan anggap anggap remeh masalah kesehatan jantung. 

 Salah satu penyakit jantung yang perlu diwaspadai adalah penyakit jantung koroner, sebab serangan jantung koroner dapat menyerang secara tiba-tiba. Serangan jantung, baik serangan jantung ringan maupun serangan jantung yang berat tetap harus menjadi fokus yang perlu diperhatikan secara serius. Bagi Anda yang pernah mengalami serangan jantung, masih dapat sembuh dan hidup sehat dengan cara mengatur dan merubah pola hidup menjadi lebih sehat.
Apa penyebab terjadinya serangan jantung?

POKERSAKTI.com - Serangan jantung dapat terjadi karena diakibatkan oleh adanya sumbatan pada sirkulasi darah yang mengalir ke jantung, jika sumbatan ini terjadi secara terus menerus dan tidak mendapatkan penanganan akan berakibat pada kurangnya asupan oksigen pada otot-otot jantung dan berakhir pada matinya otot jantung tersebut.

Serangan jantung dalam istilah kedokteran biasa disebut Myocardial Infarction (MI) adalah gangguan atau penyakit jantung yang termasuk dalam kategori penyakit jantung koroner atau dalam istilah kedokteran disebut Coronary Heart Disease Or CHD. Dimana penyakit ini timbul yang diakibatkan oleh menyempitnya arteri koroner yang bertugas untuk mengalirkan darah menuju pada otot-otot yang terdapat pada jantung. Jantung Koroner juga paling banyak diakibatkan oleh kondisi menumpuknya plak lemak pada dinding-dinding arteri atau dalam istilah kedokteran kondisi ini sering disebut atherosclerosi.

POKERSAKTI.com - Akibat dari penyempitan arteri koroner dapat menyebabkan nyeri dada dan rasa sakit atau kondisi angina, karena otot-otot pada jantung kekurangan aliran darah. Dimana rasa nyeri tersebut seperti dada tertindih beban berat yang menjalar ke rahang, lengan kiri maupun punggung. Terutama pada saat si penderita melakukan aktifitas yang berat, mengalami tekanan, depresi dan emosi yang meningkat. Selain itu, arteri yang mengalami penyumbatan akan lebih mudah membentuk gumpalan-gumpalan darah terutama penyumbatan yang diakibatkan oleh menumpuknya plak-plak lemak. Lalu gumpalan darah tersebut secara total dapat memblokir aliran darah, dan mengakibatkan serangan jantung yang dapat membahayakan nyawa si penderita.

Sementara pada serangan jantung yang tergolong ringan, otot-otot jantung yang mengalami kerusakan hanya sebagian kecil dan tidak menyebabkan kerusakan permanen pada jantung. Dimana serangan jantung ringan ini terjadi akibat kecilnya aliran darah menuju jantung pada arteri koroner. Serangannya pun biasanya terjadi hanya beberapa menit saja tidak berlangsung lama, juga tidak menyumbat secara total.

POKERSAKTI.com - Walaupun begitu, serangan jantung yang tergolong ringan tersebut bukan berarti dapat disepelekan tanpa mendapatkan perawatan dan penanganan lebih serius. Sebab serangan jantung ringan tersebut tetap perlu mendapatkan pengangan dan perawatan yang perlu diperhatikan, juga harus dengan perubahan pola dan gaya hidup yang lebih sehat agar serangan tersebut tidak terjadi kembali.

Dan pada serangan jantung yang berat atau serius, dapat mengakibatkan kerusakan otot-otot jantung yang banyak. Terutama pada penyumbatan pembuluh arteri yang terjadi pada bagian arteri yang bertugas untuk mengaliri darah secara luas dan banyak. Serangan jantung berat waktu serangannya pun dapat berlangsung lama, juga dapat menyumbat aliran darah secara total. Bahkan dapat menyebabkan berhentinya detak jantung atau cardiac arrest, gagal jantung, aritmia. Dan serangan jantung ini dapat terjadi terus menerus atau berulang-ulang.

POKERSAKTI.com - Demikian artikel dokter tentang penyebab terjadinya serangan jantung, baik serangan jantung ringan maupun yang tergolong berat. Semuanya perlu mendapatkan perhatian dan perawatan secara khusus agar serangan jantung dapat dihindari. Untuk itu lakukan perubahan pola hidup sehat, mulai dari asupan makanan dan juga olahraga yang teratur agar jantung dapat terjada kesehatannya. Be Healthy ! 

0 komentar:

Posting Komentar