Senin, 04 Januari 2016

Aneka Makanan Sehat Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan




POKERSAKTI.com - Macam Macam Makanan Sehat Yang Berbahaya JikaDikonsumsi Berlebihan. Para ahli medis dan praktisi kesehatan selalu menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi. Namun ternyata makanan makanan tersebut meskipun sudah memiliki label “sehat” dan baik bila dikonsumsi, tetap saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Segala sesuatu yang diluar batas wajar dan berlebihan pasti akan menimbulkan efek yang tidak baik, pun demikian dengan makanan makanan sehat yang bila dikonsumsi tidak sesuai dengan takaran akan menimbulkan berbagai efek buruk seperti sakit perut, kembung, kerontokan, resiko hipertensi, kanker, hingga gula darah atau diabetes bahkan yang lebih buruk lagi yaitu kematian orang tersebut. Penasaran makanan makanan jenis apa saja, langsung saja kita simak satu persatu.

Macam Macam Makanan Sehat Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan


1. Sayur Bayam
www.pokersakti.com

POKERSAKTI.com - Makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan yang pertama adalah bayam. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau ini sudah dikenal sejak lama akan kandungan dan nutrisinya seperti protein, vitamin, mineral dan serat. Bayam juga mengandung tinggi lutein yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mata yaitu makula gangguan pengelihatan yang disebabkan oleh faktor usia, namun bayam juga mengandung senyawa oksalat yang sangat tinggi. Zat ini yang menyebabkan pembentukan batu ginjal, untuk itu bagi penderita batu ginjal harus menghindari sayuran yang satu ini.


2. Daging
www.pokersakti.com


POKERSAKTI.com - Makanan sehat yang dapat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan selanjutnya adalah Jenis daging dan protein hewani lainnya. Meskipun Anda selalu mengonsumsi daging rendah lemak, putih telur dan daging ayam bagian dada, namun tetap saja protein hewani bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek buruk. Sebab terlalu banyak mengonsumsi protein hewani membuat tubuh memproduksi hormon insulin like growth factor 1 yang akan menyebabkan timbulnya kanker dan penuaan dini. Untuk itu, sebaiknya selain mengonsumsi protein hewani cobalah untuk mengombinasikan dengan jenis protein lain seperti nabati yang berasal dari biji dan kacang-kacangan.




3. Buah Tomat dan Jeruk
www.pokersakti.com

POKERSAKTI.com - Makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan yang berikutnya adalah tomat dan buah jeruk, rasanya yang asam dan segar sangat baik baik tubuh dalam memenuhi kebutuhan Vitamin C. Namun buah ini dapat menimbulkan efek buruk jika dikonsumsi secara berlebihan, sebab kandungan asam pada kedua buah ini dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung di perut. Bila asam lambung terus menerus dibiarkan dalam jangka panjang, akan menimbulkan penyakit esofagus barret. Cincin otot esofagus yang berfungsi untuk mencegah makanan kembali masuk ke dalam esofagus akan melemah dan tidak dapat menutup dengan baik, sehingga asam lambung dapat masuk ke dalam esofagus. Apabila hal ini terus menerus dibiarkan maka lapisan yang terdapat dalam esofagus akan rusak, dan menyebabkan kaker esofagus yang berbahaya. Untuk itu konsumsi buah jeruk dan tomat sesuai kebutuhan, yaitu sebanyak dua buah setiap harinya. Jangan mengonsumsi buah ini secara bersamaan, terutama bagi Anda penderita asam lambung.


4. Air Putih
www.pokersakti.com

POKERSAKTI.com - Minuman sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan adalah air putih. Air merupakan asupan yang sangat penting dalam menunjang tubuh agar sehat dan bugar, kita dituntut untuk mengonsumsi air sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Mencukupi air putih artinya memenuhi kebutuhan air sesuai aturan dan anjuran tanpa kekurangan maupun berlebihan. Perlu kita ketahui bahwa mengonsumsi air putih secara berlebihan dapat menyebabkan intoksikasi air. Dimana air yang terlalu banyak masuk ke dalam air dapat membuat natrium menjadi cair. Sehingga kadar natrium dalam tubuh akan merendah, yang berakibat pada gangguan fungsi otak dan kematian. Biasanya hal ini sering terjadi pada olahragawan yang banyak mengeluarkan tenaga dan memaksakan diri mengonsumsi air berlebihan. Cara yang paling tepat agar Anda tidak kekurangan maupun berlebihan minum air, perhatikan selalu warna urin yang Anda keluarkan pada saat buang air. Jika warnanya sudah terlalu pekat artinya Anda sudah kekurangan iar putih, untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca: Cari Tahu ! 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam MeminumAir Putih.


5. Tuna Dalam Kemasan
www.pokersakti.com

POKERSAKTI.com - Macam makanan sehat yang dapat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan yang berikutnya adalah Ikan Tuna yang dikemas dalam kaleng. Siapa yang tidak tahu akan nutrisi dan kandungan yang terdapat dalam ikan tuna, bahkan di jepang tuna biasa dikonsumsi secara mentah untuk mengambil lemak baik dari ikan tuna tersebut. Ikan tuna dalam kemasan biasanya digunakan sebagai campuran selai pada roti lapis, dapat pula dikonsumsi secara langsung. Namun, tuna kalengan yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan merkuri. Perlu Anda ketahui, bahwa ikan tuna merupakan jenis ikan yang paling banyak mengandung merkuri jika dibandingkan dengan jenis ikan lain. Keracunana merkuri biasanya ditandai dengan gangguan pada pendengaran, bicara, pengelihatan, dan koordinasi otot yang melemah. Sebaiknya konsumsi ikan tuna kaleng maksimal 3 sampai 5 kaleng setiap minggunya, kombinasikan dengan mengonsumsi jenis ikan lain yang memiliki kandungan dan manfaat sama seperti ikan salmon, tongkol dan lain sebagainya.

6. Tahu dan Tempe
www.pokersakti.com


POKERSAKTI.com - Makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan berikutnya adalah tahu dan tempe yang terbuat dari kedelai. Kedelai dipercaya dapat membantu mengurangi gula darah dan kolesterol jika dikonsumsi secara tepat sesuai ukuran, sebab jika kedelai dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terganggunya sistem penyerapan zat besi yang berakibat anemia. Kandungan fitoestrogen yang terdapat pada kedelai dapat menyebabkan penebalan dinding rahim (hiperplasia endometrium) jika dikonsumsi secara berlebihan dimana kondisi ini dapat menyebabkan kanker rahim yang berbahaya. Sebaiknya konsumsi kedelai maksimal sebanyak dua porsi setiap harinya.


7. Kacang Kacangan
www.pokersakti.com



POKERSAKTI.com - Makanan sehat yang dapat membahayakan jika dikonsumsi berlebihan selanjutnya adalah kacang kacangan, terutama kacang brazil. Kacang yang biasa diolah menjadi camilan renyah ini memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat baik yaitu dapat menurunkan kolesterol, tinggi selenium, serat, protein, dan lemak esensial. Bahkan mengonsumsi kacang brazil dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu Anda ketahui kandungan selenium yang tinggi pada kacanglah yang membuat Anda tidak diperkenankan untuk mengonsumsi dalam jumlah banyak. Sebab terlalu banyak mengonsumsi selenium dapat menyebabkan tubuh keracunan selenium yang ditandai dengan kuku mudah patah, rambut rontok, radang kulit dan kelainan pada syaraf. Kacang brazil yang memiliki kulit memiliki kandungan selenium lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang sudah dikupas, untuk itu biasakan untuk selalu mengupasnya terlebih dahulu. Konsumsi kacang brazil maksimal tidak lebih dari 10 butih perharinya.


Sekian Macam Macam Makanan Sehat Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan, semoga bermanfaat. Konsultasikan selalu kepada para ahli mengenai takaran dan jenis makanan sehat yang akan Anda konsumsi, agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak menyebabkan efek buruk yang diakibatkan oleh konsumsi berlebih. Be Healthy !

0 komentar:

Posting Komentar