Rabu, 20 Januari 2016

Tips Mencegah dan Menghindari Kaki Bengkak Saat Hamil


www.pokersakti.com


POKERSAKTI.com -  Kondisi kaki bengkak saat hamil adalah hal yang biasa terjadi dan tidak membahayakan selama masih dalam batas wajar.  Kaki bengkak ini dapat terjadi karena adanya peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah akibat bertambahnya volume darah yang mencapai 40% selama masa kehamilan. Ukuran rahim yang semakin besar dan berat juga ikut mempengaruhi kondisi kaki bengkak pada ibu hamil, aliran pembuluh darah balik dari kaki menuju ke jantung mengalami tekanan yang lebih besar sehingga kondisi kaki akan semakin bengkak seiring dengan perkembangan janin.

 Kondisi kaki yang bengkak selama hamil ini akan sembuh dengan sendirinya setelah proses melahirkan. Namun perlu diwaspadai jika kondisi kaki bengkak yang dialami saat hamil semakin parah bahkan sampai menjalar ke seluruh tubuh, tekanan darah semakin meningkat, penglihatan kabur, dan terasa amat nyeri di daerah sekitar ulu hati, kemungkinan itu  merupakan tanda-tanda awal adanya keracunan kehamilan, atau disebut preeklampsia. Jika hal itu terjadi harus segera diatasi karena dapat membahayakan ibu dan calon bayi yang dikandungnya.

 Cara mencegah dan menghindari kaki bengkak saat hamil :

    Bagi wanita yang sedang hamil, terutama saat kondisi perut makin membesar jangan berdiri dalam     waktu yang lama.

    Usahakan seluruh bagian telapak kaki menyentuh lantai ketika duduk dan usahakan untuk tidak           duduk dengan posisi kaki disilangkan.

    Saat sedang dalam kondisi duduk untuk waktu yang cukup lama, luangkanlah waktu beberapa             menit sekali untuk melakukan peregangan atau stretching untuk melemaskan otot-otot.

    Pada saat tidur, sebaiknya posisi miring ke sebelah kiri, karena dapat mengurangi tekanan pada           pembuluh darah vena yang berada di bagian tubuh sebelah kanan.

    Minumlah cukup banyak air putih, orang hamil maupun orang yang tidak hamil harus selalu               mencukupi kebutuhan air putih sekitar 8-12 gelas setiap hari.

    Olahraga ringan secara teratur sangat baik untuk ibu hamil.

    Menerapkan pola makan yang sehat yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak buah serta sayur,           tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan mengurangi makanan asin yang               mengandung kadar garam tinggi.

Setelah mengetahui beberapa cara mencegah dan menghindari kaki bengkak saat hamil di atas, semoga para wanita hamil tetap sehat dan dapat mengambil pelajaran serta terhindar dari kondisi kaki bengkak saat hamil.

0 komentar:

Posting Komentar